Home » Jerman » Rangkuman Materi 1

Rangkuman Materi 1

Arsip

Kategori

Twitter Updates

Zusammenfassung

1. Begrüßen und verabschieden

–          Guten Morgen

–          Guten Tag

–          Guten Abend

–          Gute Nacht

–          Hallo

–          Moin (Hallo untuk berbagai waktu, Informal)

–          Tschüß (Informal)

–          Auf Wiedersehen ( Goodbye, Formal)

–         Auf Wiederhören (Perpisahan di telepon, Formal)

–        Bis dann / bis später (Sampai nanti; bye , Informal)

Extra im Alltag :

– Danke

– Danke schön

– Vielen Dank

– Bitte schön

–  Ja

– Nein

– Verstanden

 

2. Vorstellen

Formal/Informal

a)  Wie heißen Sie/Wie heißt du? (Siapa nama anda/kamu?)

Ich heiße../mein Name ist../Ich bin..

b)  Woher kommen Sie/Woher kommst du? (Anda/kamu berasal darimana?)

Ich komme aus..

c)  Wo wohnen Sie/Wo wohnst du? (Dimana anda/kamu tinggal?)

Ich wohne in…

d)  Was sprechen Sie/Was sprichst du? (Anda/kamu berbahasa apa?)

Ich spreche…

 

Sprachennamen haben oft die Endung –isch (Kata yang menunjukkan arti bahasa pada umumnya memiliki akhiran -isch) :

Land (negara) → Sprache (bahasa)

Indonesien      → Indonesisch

England            → Englisch

Russland          → Russisch

Die Türkei       → Türkisch

Japan                 → Japanisch

 

3. Grammatik

W-Fragen

Wer ?

Wie ?

Woher ?

Was ?

Wo ?

 

W Frage und Aussagesatz

W-Frage              : Wie (posisi 1)    heißen (posisi 2) Sie (posisi 3)          ?

Aussagesatz      : Ich (posisi 1)     heiße (posisi 2)    Minakova (posisi 3)          .

Perhatikan perbedaan W-Frage dan kalimat pernyataannya (Aussagesatz)! Posisi Verb selalu berada di posisi ke 2!

 

Personalpronomen

Ich (Saya, Aku)

Du (Kamu)

Er/Sei/Es (Dia laki-laki/Dia perempuan/Die neutral)

Wir (Kami)

Ihr (Kalian)

Sie/sie (Anda/mereka)

Achtung! penulisan S pada Sie (anda) harus selalu menggunakan huruf kapital!


1 Comment

  1. raden dimas aryo says:

    Tugasnya mana kak?

Diskusi yuk

