Home » Kimia » Reaksi Kimia bukan Sulap

Reaksi Kimia bukan Sulap

Arsip

Kategori

Twitter Updates

Ada yang beranggapan bahwa reaksi kimia adalah seperti sulap. Kita campurkan zat dan beberapa lama kemudian zat baru terbentuk tanpa kita mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya terjadi.

Atom sebelum dan sesudah reaksiNamun berkat perkembangan dalam bidang teknologi, sekarang kita bisa mengetahui apa yang terjadi selama proses reaksi kimia berlangsung. Ilmuwan dari Universitas Berkeley tanpa sengaja berhasil mengambil gambar skala atomik senyawa  sebelum dan sesudah reaksi. Dengan gambar ini kita bisa mengetahui dengan jelas apa yang terjadi pada skala atomik sebelum dan sesudah reaksi kimia. Gambar ini merupakan terobosan besar dalam ilmu kimia. Karena sekarang para ilmuwan bisa mengetahui bagaimana atom – atom memutuskan ikatan kimia dan bagaimana atom – atom tersebut menyusun ulang ikatan kimia sehingga terbentuk produk yang baru.

Kalau boleh saya analogikan, penemuan ini seperti penemuan USG dalam bidang kedokteran. Sebelum ditemukannya USG kita tidak bisa mengetahui bagaimana perkembangan janin bayi dalam rahim ibu yang mengandung tapi sekarang dengan menggunakan USG kita dapat mengetahui dengan jelas bagaimana janin bayi bertumbuh di dalam rahim ibu.

Dengan penemuan ini semua buku teks kimia harus di revisi karena saat ini tidak ada satu pun buku teks kimia yang dapat menggambarkan apa yang terjadi pada skala atomik ketika reaksi kimia berlangsung. Pemahaman kita mengenai reaksi kimia pun menjadi bertambah dengan adanya penemuan ini.

Jadi, apakah anda masih beranggapan kalau reaksi kimia adalah sulap?

Sumber gambar: http://newscenter.berkeley.edu/2013/05/30/scientists-capture-first-images-of-molecules-before-and-after-reaction/


Diskusi yuk

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: