Home » Kimia » Baterai Ion Litium Buatan Indonesia

Baterai Ion Litium Buatan Indonesia

Arsip

Kategori

Twitter Updates

mobil listrikAda satu artikel hari ini di detik.com yang membahas tentang baterai litium yang telah berhasil diproduksi di Indonesia. Baterai litium ini rencananya akan digunakan sebagai baterai pada mobil dan bus listrik yang akan digunakan pada konferensi APEC pada bulan Oktober nanti. Berita ini sungguh membanggakan karena akhirnya bangsa Indonesia akan memproduksi mobil listrik yang komponen utamanya yaitu baterai juga diproduksi di Indonesia.

Baterai ion litium adalah baterai yang sering digunakan pada kebanyakan peralatan elektronik khususnya pada telepon seluler. Baterai ion litium mulai dikembangkan berkat adanya penemuan bahwa ion litium dapat bergerak pada daerah antar lapisan atom dalam kristal tertentu. Proses ini disebut sebagai interkalasi. Pada kristal grafit dan LiCoO2, ion litium ini bisa mengalami pergerakan. Kristal grafit dan LiCoO2 inilah yang digunakan sebagai elektrode dalam baterai ion litium. Sebagai elektrolit digunakan bahan cair yang biasanya mengandung LiPF6. Baterai ion litium menggunakan ion litium sebagai anode (pada anode terjadi pelepasan elektron). Karena menggunakan ion litium maka sebenarnya reaksi sel dalam baterai ion litium bukanlah reaksi redoks melainkah hanya pergerakan ion litium dari anode ke katode melalui elektrolit.

Namun saya tidak mengetahui dengan pasti apakah elektroda maupun elektrolit yang digunakan pada baterai ion litium buatan Indonesia sama dengan yang saya sebutkan di atas. Karena berdasarkan penelitian terbaru, ilmuwan China menggunakan elektrolit LiFNFSI pada baterai ion litium untuk menggantikan elektrolit LiPF6. Penggunaan elektrolit LiFNFSI karena elektrolit ini lebih stabil pada suhu tinggi sehingga tidak diperlukan proses pendinginan ketika suhu baterai tinggi.

Baterai merupakan sel Volta. Pada sel volta reaksi kimia yang spontan bisa menghasilkan arus listrik. Arus listrik terjadi karena ada elektron yang bergerak pada rangkaian yang tertutup. Seperti dijelaskan di atas pada baterai ion litium, elektron bergerak dari anode ke katode sehingga baterai ion litium bisa menghasilkan arus listrik.

Litium adalah logam yang memiliki E0 yang tinggi sehingga mudah mengalami oksidasi (mudah untuk melepaskan elektron) dan memiliki massa atom yang rendah dibandingkan logam – logam yang lain (Ar Li = 6,94gram/mol). Kedua hal ini yang menyebabkan litium digunakan secara massal sebagai baterai.

Pengisian baterai
Ketika dilakukan pengisian, ion litium dari LiCoO2 akan bergerak melalui elektrolit menuju elektrode grafit (katoda). Untuk kesetaraan muatan, aliran ion ini akan disertai aliran elektron pada rangkaian luar, sehingga menghasilkan arus listrik. Reaksi yang terjadi pada proses pengisian adalah sebagai berikut:

LiCoO2 + C6 → Li1-xCoO2 + LixC6

Penggunaan baterai
Ketika baterai digunakan, maka ion litium bergerak secara spontan dari grafit kembali ke elektrode LiCoO2. Reaksi pada penggunaan baterai ion litium adalah sebagai berikut :

Li1-xCoO2 + LixC6 → Li1-xCoO2 + Lix-yC6 + Li1-x+y

baterai ion litium
Perusahaan Indonesia yang berhasil memproduksi baterai ion litium ini adalah PT Nipres Tbk. Perusahaan ini berhasil memproduksi baterai ion litium yang memiliki kapasitas 60 Kwh. Kemampuan produksi perusahaan ini untuk memproduksi baterai ion litium adalah sebanyak 6.000 unit/tahun.

Sumber:
1. Buku Kimia untuk SMA Kelas XII Semester 1, Pengarang Michael Purba, Penerbit Erlangga.
2. http://www.nipress.com/baterai-mobil-listrik-dasep-dijamin-tidak-overheated-2/?lang=id
3. http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/07/16/332718/178/1/Depok-Kini-Punya-Mobil-Listrik
4.http://otomotif.kompas.com/read/2011/01/24/14233195/Ditemukan.Elektrolit.untuk.Menjaga.Suhu.Sel.Li-ion.Tidak.Tinggi.


Diskusi yuk

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: