Home » Kimia » Laju Reaksi

Laju Reaksi

Arsip

Kategori

Twitter Updates

Pernah melihat pertandingan motor GP atau pertandingan balap sepeda? Jorge Lorenzo (Yamaha) ketika bertanding di lap 16 GrandPrix Jepang bertanding dengan kecepatan 163,4 km/jam sedangkan Kittel Marcel pada stage 21 Tour de France bertanding dengan kecepatan 42,8 km/jam. Dari data diatas menunjukkan bahwa Jorge Lorenzo yang menggunakan sepeda motor melaju lebih cepat daripada Kittel Marcel yang menggunakan sepeda. Begitu juga dalam kimia, reaksi kimia yang berbeda juga memiliki laju reaksi yang berbeda pula. Beberapa reaksi kimia bisa berlangsung sangat cepat dan reaksi kimia yang lain bisa berlangsung sangat lambat. Reaksi kimia juga bisa berlangsung dengan laju yang berbeda bila kondisinya dirubah. Misalnya glukosa akan terbakar secara cepat bila dibakar pada udara terbuka, namun ketika digunakan sebagai sumber energi di tubuh kita, pembakaran glukosa ini berlangsung sangat lambat.


Laju reaksi bisa dihitung dengan mengukur banyaknya mol dari reaktan yang digunakan dalam selang waktu tertentu. Seperti pertandingan MotoGP dimana Jorge Lorenzo bertanding dengan kecepatan yang berubah-ubah, pada start kecepatannya tinggi begitu juga di lap yang lurus tapi  di lap yang berbelok kecepatannya menjadi rendah demikian pula dengan laju dari reaksi kimia. Laju reaksi di awal reaksi juga berlangsung sangat tinggi dan perlahan-lahan turun seiring dengan reaksi yang terjadi. Dan ketika semua reaktan habis digunakan maka laju reaksi menjadi nol. Sedangkan pada pertandingan MotoGP Jorge Lorenzo diakhir pertandingan akan melaju dengan kecepatan tinggi ketika melewati bendera finish.

Pernah menyaksikan pertandingan snooker? Pada pertandingan snooker tumbukan terjadi antara 2 bola billiard. Ada satu kisah mengenai pertandingan snooker ini. Pada pertengahan abad ke-19 di kota Colorado diadakan pertandingan snooker  di suatu bar, tiba-tiba terjadi ledakan yang disebabkan oleh 2 bola biliard yang bertumbukan. Ledakan ini mengakibatkan terjadinya perkelahian di bar tersebut.  Apa yang menyebakan kedua bola billiar yang bertumbukan ini menghasilkan ledakan? Pada saat itu bola billiard terbuat dari celluloid ( suatu campuran dari nitrocellulose dan kapur barus). Terkadang bola billiard dilapisi juga dengan cat nitrocelulose. Nah jika kedua bola ini bertumbukan dengan energi yang cukup maka akan menyebabkan ledakan. Syukurlah bola billiard yang digunakan pada saat ini sudah tidak menggunakan celloluid lagi.

Bola billiard

Cerita tentang bola billiard yang menimbulkan ledakan ini memudahkan kita untuk membayangkan teori tumbukan reaktivitas. Teori tumbukan menjelaskan bagaimana suatu reaksi bisa terjadi. Jadi berdasarkan teori tumbukan, suatu reaksi bisa berlangsung sebagai hasil tumbukan dari partikel-partikel pereaksi. Namun tidak semua tumbukan menghasilkan reaksi, hanya tumbukan antarpartikel yang memiliki energi cukup serta arah tumbukan yang tepat yang mampu menghasilkan reaksi. Jadi suatu reaksi bisa berlangsung dipengaruhi oleh:

1. frekuensi tumbukan

2. energi partikel pereaksi

3. arah tumbukan

Sekarang kita akan mempelajari faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi laju reaksi.

1. Konsentrasi

2. Temperatur

3. Luas Permukaan

4. Tekanan

Tekanan berpengaruh pada reaksi yang melibatkan pereaksi yang berwujud gas. Ketika tekanan diperbesar ini berarti mengurangi volume sehingga akan memperbesar konsentrasi. Hal inilah yang menyebabkan laju reaksi meningkat ketika tekanan diperbesar.

5. Katalis

Katalis bertindak sebagai “mak comblang” dari partikel-partikel pereaksi. Dengan adanya katalis ini maka energi yang diperlukan antarpartikel untuk bertumbukan berkurang sehingga kemungkinan antarpartikel untuk bertumbukan semakin besar sehingga bisa meningkatkan laju reaksi.

Advertisements

Diskusi yuk

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: